Koleksi Rizal Ciee Rezpector

Kamis, 08 Desember 2011

Manfaat Berjalan Kaki bagi Kesehatan

Berjalan kaki sangat baik bagi kesehatan, dan ajang olahraga yang murah meriah sehingga tepat menjadi pilihan.
Foto: IstimewaFoto: IstimewaSEMAKIN terjangkaunya harga kendaraan membuat sebagian masyarakat membeli mobil atau sepeda motor untuk menunjang aktivitas sehari-hari. Alhasil, membuat seseorang malas berjalan kaki. Bahkan, sebagian masyarakat masih ada yang menggunakan kendaraan pribadi untuk menuju tempat yang dekat sekalipun. Maklum, situasi cuaca panas dan berdebu membuat mereka tidak tertarik berjalan kaki.
Padahal, segudang manfaat berjalan kaki bagi kesehatan. Terlebih, jalan kaki merupakan ajang olahraga yang murah meriah sehingga tepat menjadi pilihan. Berikut beberapa manfaat jalan kaki bagi kesehatan seperti di kutip dari liputan6.com:
Foto: IstimewaFoto: IstimewaMencegah diabetes
Membiasakan berjalan kaki sekitar 6 km per jam dengan waktu tempuh sekitar 50 menit, ternyata dapat menunda atau mencegah berkembangnya diabetes tipe 2, khususnya pada mereka yang bertubuh gemuk. Ini didasarkan studi dari National Institute of Diabetes and Gigesive & Kidney Diseases.

Mengobati depresi
Dengan melakukan jalan cepat dapat membantu pasien berstatus depresi lantaran dapat menggantikan obat antidepresan yang harus diminum rutin.  Beberapa studi juga menunjukkan dengan berjalan kaki setidaknya bisa mengobati depresi.
Foto: IstimewaFoto: IstimewaMencegah osteoporosis
Selain mengkonsumsi susu dan makanan sehat lainnya, osteoporosis juga bisa dicegah dengan melakukan jalan kaki. Sebab, tubuh membutuhkan gerak badan serta memerlukan waktu sedikitnya 15 menit terpapar matahari pagi agar terbebas dari ancaman osteoporosis. Nah, mereka yang melakukan gerak badan sejak muda dan cukup mengonsumsi kalsium sampai usia 70 tahun, diperkirakan masih bisa terbebas dari ancaman pengeroposan tulang tersebut.

Foto: IstimewaFoto: IstimewaMenurunkan berat badan
Seringnya seseorang berjalan kaki bisa membakar lemak ditubuh sehingga secara tidak langsung berat badan menurun. Untuk itu, berjalan kaki perlu dilakukan secara rutin agar berat badan menjadi stabil.
Mencegah stroke
Beberapa studi menunjukkan hasil yang menggembirakan tentang manfaat berjalan kaki.  Ini berdasarkan bukti alami nenek-moyang kita yang lebih banyak melakukan kegiatan berjalan kaki setiap hari. Alhasil kasus stroke zaman dahulu tidak sebanyak sekarang.
Foto: IstimewaFoto: IstimewaMeredakan encok lutut
Lebih sepertiga orang usia lanjut di Amerika mengalami encok lutut (osteoarthiris). Dengan membiasakan diri berjalan kaki cepat atau memilih berjalan di dalam kolam renang, keluhan nyeri encok lutut bisa mereda. Untuk mereka yang mengidap encok lutut, kegiatan berjalan kaki perlu dilakukan berselang-seling, tidak setiap hari. Tujuannya untuk memberi kesempatan kepada sendi memulihkan diri.
Cegah serangan jantung
Berjalan kaki dapat menekan risiko serangan jantung lantaran dapat memompa dan memperderas aliran darah ke koroner jantung. Dengan begitu  kecukupan oksigen otot jantung terpenuhi dan otot jantung terjaga untuk bisa tetap cukup berdegup.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar